Kamis, 02 Mei 2013

Zodiac & Personality

Akhir-akhir ini entah gerangan apa, saya begitu tertarik dengan zodiac. Saya rasa kita sudah tau apa itu zodiac, adapula yang menyebutnya bintang atau horoskop. 

Di Indonesia, zodiac/horoskop lebih identik dengan ramalan, misal melihat bagaimana asmara, keuangan dan keseharian kita selama minggu ini. Beberapa teman saya bahkan ada yang enggan membacanya karena menganggap zodiac itu sesuatu yang bertentangan dengan agama karena kaitannya dengan ramalan. Adapula yang tidak percaya karena itu adalah ramalan dan ngga masuk akal atau sekedar omong kosong untuk seru-seruan doank. 

Zodiac terkait erat dengan ilmu astrology, ngomong-ngomong yang saya bahas adalah western zodiac, bukan chinese zodiac. Balik dengan masalah ramalan zodiac, kalau menurut saya pribadi, zodiac lebih tepat disebut psikologi daripada ramalan tapi tampaknya sebagian besar di Indonesia berpikirnya itu ramalan, padahal bukan kalau kita mencoba memahaminya, zodiac terkait erat dengan psikologi. Saya sendiri tidak percaya dengan yang namanya ramalan keuangan, asmara, dll ala zodiac, termasuk juga compability zodiac. 

Dalam astrology terdapat 12 jenis zodiac, dan masing-masing zodiac ini mempunyai sifat atau personality dasar yang kurang lebih seperti ini :

Aries : Antusias, energik, tidak sabaran,
Taurus : Tenang, santai, sabar
Gemini : Suka berbicara, susah ditebak
Cancer : Kekeluargaan, pengayom, sensitive, moody, family oriented
Leo    :  Narsis dan percaya diri
Virgo : Suka mengkritik, detil, pemilih, duty oriented.
Libra : Suka segala sesuatunya seimbang, mikirnya jadi lama karena terlalu banyak pertimbangan
Scorpio : Pendendam, susah untuk move on, adatnya keras
Sagittarius : berjiwa bebas, gemar akan hal-hal baru, suka petualangan
Capricorn : Workaholik, ambisius, tenang, work oriented.
Aquarius : Eksentrik, setiakawan, tidak suka dikekang atau diatur.
Pisces : Pemimpi, cenderung pengalah, suka ngayal

Merasa punya zodiac tersebut tapi sifatnya ngga mirip? ngga aneh, karena sifat seseorang tidak hanya dipengaruhi oleh 1 jenis zodiac, terkadang harus dilihat dari keseluruhan Natal chart. Apa itu natal chart? Natal chart adalah posisi planet, matahari dan bulan pada saat kita lahir.

Umumnya orang emang ngga tau soal natal chart, kecuali cek di web-web astrologi yang menyediakan jasa kalkulasi natal chart. Makanya kadang ada orang yang bingung dan bilang, "gw sama dia sama-sama zodiac Leo, tapi kok beda yah?" Berarti planet-planet atau bulan dalam natal chart kamu lebih dominan daripada zodiac matahari kamu.

Saya lahir tgl 14 Maret, zodiac saya Pisces, tapi kalau ditanya apakah sifat saya mirip Pisces? mmm jujur saya ngga tau. Pisces itu boleh dikatakan zodiac yang paling baik dan ramah dari semua zodiac (saya bilang gini bukan karena saya berzodiac Pisces tapi memang itulah yang kebanyakan dikatakan oleh web-web astro, mottonya saja, I sacrifice) jujur saya malah ngga suka Pisces jadi zodiac yang paling baik karena kesannya lemah githu dan gampang dimanipulasi. Tapi sekali lagi menurut saya baik dan jahat tidak ditentukan oleh zodiac melainkan diri sendiri. Contohnya beberapa penjahat paling kejam di dunia adalah Pisces #eh :D

Bahkan nyokap selalu bilang kalau ada sifat saya yang perlu dirubah tuh, saya suka jutek dan tambah lagi adat saya yang keras kepala. Padahal kalau dipikir-pikir bukan jutek, lebih tepatnya moody, yah tau sendirilah, zodiac air macam Pisces dan Cancer kan emang terkenal sensitif dan moody. Kalau soal adat yang keras, mungkin itu pengaruh zodiac bulan saya yaitu Scorpio (yang kadang dibilang sebagai zodiac paling kuat dan populer dari 12 zodiac, kebalikannya Pisces yang dikenal follower dan biasa-biasa aja -opini).

Lalu sebelum bahas lebih lanjut, tadi saya ada sebut soal natal chart dan susunan planet dalam natal chart. Itu apa maksudnya? Saya akan kasih gambaran utamanya saja.

Sun (zodiac matahari) : Ini yang biasa standar kita pakai, zodiak berdasarkan posisi matahari atau sesuai dengan tanggal kelahiran kita, misal 1 Januari --> Capricorn, 2 Februari --> Aquarius, 3 Maret --> Pisces dan seterusnya. Matahari sebagai pusat tata surya menjadi patokan dari kepribadian atau individual atau ego kita. (Karena saya tgl 14 Maret, maka zodiac saya adalah Pisces)

Moon (zodiac bulan) : Ini mewakilkan bagaimana kita berurusan dengan emosi dan keinginan terdalam dalam diri kita atau apa yang ada di hati kita dan bagi sebagian orang beranggapan zodiac bulan lebih melambangkan diri orang tersebut yang sesungguhnya daripada zodiac matahari terutama bagi wanita, karena bulan melambangkan wanita dan feminin. Untuk tau apa zodiac bulan, kalian harus cari tau di situs-situs yang menyediakan perhitungan natal chart (bisa di gugel). Rekomendasi dari saya coba situs ini, karena untuk saya pribadi cukup akurat. Zodiac bulan saya adalah wah ternyata Scorpio (zodiac yang punya reputasi jelek karena cemburuan, pendendam dan posesif). Mungkin ini menjelaskan adat keras saya dan kadang emosi saya yang cepat marah (LOL, Aries, Taurus, Leo dan Scorpio adalah 4 serangkai zodiac yang terkenal hot temper) kalau misalnya moon kita adalah Capricorn, mungkin kita cenderung "cold hearted"

Merkuri : Merkuri adalah pola pikir, mentalitas dan cara komunikasi kita. Merkuri saya juga ada di Pisces. Jadi yah kadang saya suka berpikir lebih pakai perasaan dan feeling daripada logika.  Tapi saya rasa ini lebih ke arah empati. Bukan dalam hal mengambil keputusan.

Venus : Hubungan kita dengan orang lain (teman, keluarga, pacar, dll). Venus saya kebetulan ada di Aquarius, jadi boleh dibilang tipe orang yang enjoy sendirian maupun hang out ramai-ramai. Venus di Aquarius paling ngga suka di kekang atau dibatasi karena mereka suka kebebasan.

Mars : Tindakan yang kita ambil atau keputusan yang kita buat pada akhirnya. Karena Mars saya ada di Libra, bikin saya kalau mikir suka kelamaan karena coba cari solusi paling adil dan benar.

Ada lagi sih macam Jupiter, Saturnus hingga Pluto tapi yang paling utamanya yah itu.

Lalu ada lagi ascendant atau rising. Banyak yang bilang ini jutru yang paling penting dari semua faktor. Rising atau Ascendant itu adalah bagaimana orang lain melihat kita, atau penilaian orang lain akan diri kita atau topeng yang kita pakai secara keseluruhan. Rising sign saya adalah Virgo, dan ada kalanya benar, terutama dalam hal pemalu, introvert, terlalu analitis, pemilih dan eh tukang kritik. Makanya saya kalau review buku tuh banyak kritiknya :D Tapi ada juga yang bilang kalau Rising ini akan berangsur-angsur lepas saat seseorang berusia 40 tahun atau sudah matang. Ada benarnya, semakin tua umur, saya lebih ngga terlalu pemilih, lebih santai ala Pisces dan less critique dan instrospective.

Lucunya, Virgo dan Pisces adalah opposite zodiac. Opposite zodiac atau sister sign adalah selisih 6 bulan antara zodiac yang 1 dengan yang lain, artinya tujuan mereka sebenarnya mirip tapi cara dan alasan mereka berbeda dan bertolak belakang. Tapi ada miripnya sih, Virgo itu service oriented, mereka suka melayani dan Pisces suka menolong orang lain.

Sister sign / counterpart zodiac :
Aries / Libra
Gemini/Sagitarius
Cancer/Capricorn
Leo/Aquarius
Virgo/Pisces
Scorpio/Taurus

Konon ada yang bilang kalau seseorang mendapatkan jodohnya itu counterpart zodiac-nya dan sukses mengatasi perbedaan yang bertentangan dan membuat perbedaan itu justru saling melengkapi maka hubungan tersebut akan awet :D

Tapi bagaimanapun jangan percaya compability dan post saya tentang zodiac sebenarnya cuma suatu sarana bagi saya untuk lebih mengenal diri saya sendiri. Bukankan ada pepatah bijak yang mengatakan "mengetahui karakter orang lain adalah cerdas tapi mengetahui karakter diri sendiri adalah bijaksana".

7 komentar:

  1. postingan yang menarik :D karakter berdasar zodiak gini kadang membanti memahami kenapa kita seperti kita apa adanya, haha :)

    BalasHapus
  2. makasih yah udah mau mampir ke blog geje aku^^

    BalasHapus
  3. Hahaha, postingan di sini banyak yang menarik :)) makanya jangan lupa sering2 diisi yaa :D

    BalasHapus
  4. makasih mau baca postingan-ku, maunya sih githu bisa update terus, tapi kadang suka ga sempet :(

    BalasHapus
  5. Huahahahaha.. baru aja komen di blog buku elo soal sister sign, ternyata baca tentang itu dari blog ini toh :D

    BalasHapus
  6. aku juga baca2 dari blog luar, banyakan tumblr :)

    BalasHapus
  7. untuk memahami karakter seseorang itu, aku pikir cukup liat sun, moon, dan rising aja. sebenarnya kalo dijabarkan secara detail, membaca karakter dari sudut pandang zodiak itu kompleks bgt. tergantung planet-planetnya ada diposisi mana. pisces ya? kita masih satu golongan. unsur air (red: scorpio)

    BalasHapus