Sabtu, 15 Desember 2012

UNREQUITED LOVE (Kasih Tak Sampai)

Ada banyak tema  dalam cerita cinta, ada tema cinta segitiga (triangle love) yaitu hubungan cinta romantis diantara 3 orang, misal 2 orang pria memperebutkan seorang wanita atau 2 orang wanita jatuh cinta pada pria yang sama. Lalu ada tema cinta terlarang (forbidden love), contohnya  perselingkuhan, misal seorang wanita jatuh cinta pada pria yang sudah menikah dan sebaliknya, atau bisa juga hubungan cinta antar saudara (incest), lalu ada tema star crossed lovers,  kalau di Indonesia-kan hubungan cinta antara 2 mahluk yang saling betentangan (gampangnya begitu, hehehe), jadi ada 2 orang yang saling mencintai tapi hubungan cinta mereka tidak direstui oleh lingkungan sekeliling mereka. Kadang tema star-crossed lovers  bisa dijadikan satu dengan forbidden love, walaupun star-crossed lovers tidak selalu forbidden. Contoh cerita star crossed-lovers paling terkenal adalah Romeo dan Juliet, tapi tema macam cowok populer jatuh cinta dengan gadis gendut, atau cewek cheer leader yang pacaran dengan cowok nerd juga bisa, atau tema Cinderella story (hubungan beda status social) juga bisa masuk tema star crossed-lover seperti 2 karakter Titanic yaitu Jack Dawson dan Rose atau sekarang yang lagi popular star crossed-lovers antar ras / kelompok / kepentingan yang saling bertikai, macam Buffy the vampire slayers dengan si vampire tampan Angel atau kisah seorang jendral yang sedang berperang tapi jatuh cinta pada putri dari musuhnya, lalu contoh lain lagi kisah cinta Pocahontas dan John Smith juga termasuk star crossed-lovers.

Lalu ada juga LOVE-HATE RELATIONSHIP, kalau ini tidak selalu mengacu pada hubungan romantis. Tema LOVE-HATE RELATIONSHIP ditandai dengan banyaknya emosi dalam suatu hubungan, marah, rindu, peduli, benci, curiga dll salah satu cerita LOVE-HATE RELATIONSHIP yang paling popular mungkin dari komik Jepang Hana Yori Dango yang kisahnya sudah banyak diadaptasi berbagai negara, walaupun kalau berdasarkan Wikipedia, LOVE-HATE RELATIONSHIP tidak selalu harus menyangkut urusan romantis. Terus ada juga tema UNREQUITED LOVE, istilah Indonesianya adalah kasih tak sampai atau cinta bertepuk sebelah tangan. Setelah saya telusuri ternyata UNREQUITED LOVE adalah tema cinta yang paling sering terjadi dalam kehidupan nyata.

Selama ini saya selalu menganggap tema cerita cinta yang paling seru adalah STAR CROSSED-LOVER dan LOVE and HATE RELATIONSHIP,  karena tema cinta itu selalu mengaduk-aduk emosi, tapi ternyata UNREQUITED LOVE adalah kisah cinta yang paling sedih dan tragis. STAR CROSSED-LOVERS mungkin tidak selalu berakhir bahagia, tapi sekiranya dua orang tersebut saling mencintai satu sama lain meskipun harus melalui banyak kesulitan, sedangkan kasih tak sampai tidak selalu seperti itu, seringnya kasus cinta bertepuk sebelah tangan banyak yang berawal dari persahabatan atau idola.

Unrequited love sangat populer dalam beberapa tema macam film, lagu, dan literature Untuk tema literature, lagu-lagu macan Creep (Radiohead), You’re Beautiful (James Blunt), Always (Bon Jovi) mengambil tema unrequited love,  beberapa karya klasik macam THE HUNCHBACK OF NOTRE DAME karya Victor Hugo dimana si bungkuk Quasimodo mencintai Esmeralda tapi Esmeralda mencintai pria lain hingga akhirnya Esmeralda meningggal dan Quasimodo tetap setia mendampingi hingga ia mati kelaparan adalah salah satu tema unrequited love  yang berakhir sedih dan tragis. Untuk karya literature popular, The Prince’s Tale, salah satu bab dalam buku terakhir Harry Potter menurut saya adalah bab terbaik dalam seri ke-7 Harry Potter. Cerita kasih tak sampai dimana berawal dari persahabatan anak laki-laki (Severus Snape) dan anak perempuan (Lily), lalu ketika mereka tumbuh dewasa dan berselisih jalan, sang wanita jatuh cinta dengan pemuda lain, namun Severus tetap mencintai hingga akhir hayatnya, saya tidak akan menceritakannya karena nantinya yang ada akan membahas Harry Potter, tapi bab itu istimewa karena saat membacanya terasa indah, sedih dan tragis menjadi satu. Cinta itu indah, tapi terasa sedih saat tidak berbalas dan begitu tragis saat seseorang tetap mencintai hingga akhir hayatnya walaupun dia tidak dicintai balik.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar